Universitas Ma Chung | Building A Brighter Tomorrow
Sekilas Mengenai Kota Malang
Malang merupakan kota kecil yang berkembang dengan pesat beberapa tahun terakhir. Hal ini dikarenakan banyaknya institusi pendidikan yang ada di kota Malang, yang turut menarik banyak pendatang di kota Malang. Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di kala senggang, mulai dari wisata kuliner sampai wisata sejarah dan budaya. Berikut beberapa diantaranya:

Wisata Kuliner

  1. Kawasan Soekarno-Hatta

  2. Di sepanjang jalan Soekarno-Hatta kini banyak sekali tempat-tempat kuliner yang bisa dijadikan tujuan. Mulai dari pedagang kaki lima, kafe, hingga restoran ada di sepanjang jalan ini. Mulai dari masakan tradisional daerah, sampai dengan masakan bercitarasa internasional seperti masakan Eropa, Jepang, dan Korea, semua tersedia disini. Harga makanan juga beragam, mulai dari Rp.5.000,- hingga ratusan ribu rupiah.

    Dari Universitas Ma Chung, kawasan Soekarno-Hatta berjarak sekitar 7 KM dengan menggunakan kendaraan pribadi atau taksi dengan tarif minimal (sekitar Rp.30.000,-)
  3. Kawasan Pulosari dan Kawi

  4. Jalan Kawi merupakan kawasan kuliner yang sudah ada sejak tahun 1980an. Didominasi oleh warung atau depot yang menyajikan Chinese Food dan masakan Indonesia. Ada juga gerai makanan siap saji ternama di jalan ini.

    Kawasan Pulosari juga merupakan tempat nongkrongnya anak muda. Makanan ringan seperti jagung bakar, roti bakar, pisang bakar banyak dijumpai di tempat ini, dimana sebagian besar berbentuk warung atau kios.

    Dari Universitas Ma Chung, kawasan Kawi dan Pulosari berjarak sekitar 4,5 KM dan bisa dijangkau dengan angkutan umum jurusan AT (Arjosari – Tidar).

  5. Kawasan Pahlawan Trip

  6. Kawasan Jl. Pahlawan Trip merupakan kawasan wisata kuliner kelas menengah ke atas, dimana di jalan ini terdapat berbagai macam restoran yang menyajikan masakan khas Italia, Jepang, masakan Eropa, dan masakan Italia.

    Dari Universitas Ma Chung, kawasan Jl. Pahlawan Trip berjarak sekitar 4,5 KM dengan menggunakan kendaraan pribadi atau taksi dengan tarif minimal (sekitar Rp.30.000,-).

  7. Festival Kuliner Malang

  8. Kawasan kuliner ini merupakan kawasan wisata kuliner yang baru saja dikembangkan oleh Dinas Pariwisata Kota Malang. Jika di Surabaya memiliki “Kya-Kya” di kawasan Kembang Jepun, Malang memiliki kawasan ini. Terletak di daerah belakang Pasar Besar, wisata kuliner ini hanya buka pada waktu malam.

    Kawasan wisata kuliner ini berjarak sekitar 7,5 KM dari Universitas Ma Chung dengan menggunakan kendaraan pribadi atau taksi.


Wisata Belanja

  1. Pasar Minggu

  2. Kawasan Pasar Minggu terletak di belakang Mal Olympic Garden di Jalan Kawi, atau di kawasan Stadion Gajayana. Disini, para pengunjung bisa menemui berbagai macam barang dengan harga yang terjangkau. Sebut saja pakaian-pakaian, bisa didapatkan dengan harga mulai Rp.20.000,-. Sesuai dengan namanya, Pasar Minggu hanya bisa dijumpai pada hari Minggu pagi, mulai Pk.06.00 hingga Pk.13.00.

    Dari Universitas Ma Chung, Pasar Minggu berjarak sekitar 5,5 KM dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum jalur AT (Arjosari-Tidar), atau menggunakan taksi dengan tarif minimal.

  3. Malang Town Square

  4. Malang Town Square merupakan pusat perbelanjaan ternama di Kota Malang yang terletak di kawasan pendidikan. Terletak di Jl. Veteran, di dalam pusat perbelanjaan ini terdapat berbagai macam toko yang menyediakan berbagai macam barang seperti makanan, pakaian, buku, asesoris, stationary, perhiasan, makanan ringan, dan lain sebagainya.

    Berjarak sekitar 5 Km dari Universitas Ma Chung, Malang Town Square bisa dicapai dengan kendaraan pribadi atau taksi.

  5. Mal Olympic Garden

  6. Mal Olympic Garden merupakan pusat perbelanjaan ternama di Kota Malang yang terletak di Jl.Kawi. Di dalam pusat perbelanjaan ini terdapat berbagai macam toko yang menyediakan berbagai macam barang seperti makanan, pakaian, buku, asesoris, sepatu, toiletries, stationary, perhiasan, makanan ringan, dan lain sebagainya.

    Berjarak sekitar 5,5 Km dari Universitas Ma Chung, Malang Town Square bisa dicapai dengan kendaraan pribadi atau taksi, atau dengan angkutan umum jurusan AT (Arjosari-Tidar).

  7. Kawasan Buku Wilis

  8. Kawasan Buku Wilis merupakan pindahan dari Kawasan Buku Majapahit yang terkenal sejak puluhan tahun yang lalu. Menyediakan buku-buku baru dan bekas dari berbagai topik dan berbagai jenjang dengan harga yang sangat terjangkau, kawasan ini bisa menjadi alternatif dari toko buku besar.

    Berjarak sekitar 4 KM dari Universitas Ma Chung, kawasan buku Wilis bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi, taksi, angkutan umum jurusan AT (Arjosari-Tidar), atau bus kampus.


Aktivitas Menarik

  1. Tempat Rekreasi

  2. Dengan adanya gunung-gunung yang mengelilingi Malang Raya: Gunung Panderman, Gunung Kawi, Kompleks Gunung Semeru, Gunung Arjuno, dan Gunung Welirang, maka Malang Raya memiliki banyak sekali obyek wisata yang dapat menjadi tujuan untuk menghabiskan waktu luang. Demikian pula dengan pantai. Kawasan Malang Selatan memiliki banyak sekali pantai-pantai indah yang bisa dikunjungi.


    1. Car Free Day

    2. Untuk mengisi waktu luang di hari Minggu pagi, banyak warga kota Malang biasanya datang ke Jl.Ijen untuk berolah raga. Sepanjang jalan ini ditutup pada Pk.05.00 – 09.30 untuk segala macam kendaraan bermotor agar bisa dipakai warga untuk berolah raga. Biasanya, setelah berolah raga para warga mampir ke Kawasan Pasar Minggu untuk mencuci mata atau berbelanja.

      Terletak sekitar 5 KM dari Universitas Ma Chung, kawasan Car Free Day bisa dicapai dengan kendaraan pribadi, taksi, atau angkutan kota jurusan AT (Arjosari Tidar).

    3. Coban Rondo

    4. Di Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Wisata Batu) ada banyak sekali coban (air terjun) yang sangat indah. Namun demikian, coban yang populer, dapat diakses dengan mudah, dan memiliki banyak fasilitas adalah Coban Rondo di Batu. Di tempat ini, selain menikmati pemandangan air terjun, pengunjung juga bisa mendapatkan makanan ringan seperti jagung atau roti bakar. Di kawasan ini juga disediakan camping ground bagi para pecinta alam.

      Dari Universitas Ma Chung, Coban Rondo berjarak sekitar 28 km ke arah kota Kediri via Pujon dan bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau taksi.

    5. Sumber Air Panas Cangar

    6. Cangar merupakan nama sebuah dusun sekaligus pemandian air panas yang terletak di Kelurahan Tulungrejo, Bumiaji, Batu. Cangar terletak di dalam kawasan Taman Hutan Raya R. Soeryo. Dengan ketinggian di atas 1000m dpl, Cangar merupakan salah satu daerah penghasil sayur mayor dan buah-buahan. Sumber mata air panas Cangar berasal dari Gunung Welirang – sebuah gunung yang menghasilkan belerang. Waktu terbaik untuk mengunjungi Cangar adalah di pagi hari, karena belum banyak pengunjung yang datang.

      Dari Universitas Ma Chung, Cangar berjarak 28 KM ke arah Mojokerto via Batu dan bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau taksi.

    7. Jawa Timur Park

    8. Jawa Timur Park yang terdiri dari Jatim Park 1 dan 2 merupakan kompleks tempat wisata di Batu yang selalu ramai oleh pengunjung. Di Jatim Park 1 sendiri terdapat kolam renang dan berbagai wahana serta permainan menarik. Harga tiket sekitar Rp.60.000,- sampai Rp.80.000,-.

      Sedangkan Jatim Park 2 merupakan kompleks taman hiburan yang terdiri dari Secret Zoo (Kebun Binatang dan berbagai wahana menarik), Museum Satwa, dan Hotel. Harga tiket masuk sekitar Rp.75.000,- sampai Rp.105.000,-. Keterangan lebih lanjut silakan klik disini

      Dari Universitas Ma Chung, Jatim Park berjarak sekitar 18 KM dan bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau taksi.


    9. Eco Green Park

    10. Satu grup dengan Jawa Timur Park, Eco Green Park merupakan tempat yang menarik untuk kegiatan wisata dan edukasi. Terletak di Kota Batu, Eco Green Park memiliki banyak sekali wahana dan atraksi yang bersifat edukatif misalnya mengenai cara-cara daur ulang. Harga tiket berkisar Rp.40.000,- hingga Rp.60.000,-. Keterangan lebih lanjut silakan klik disini

      Dari Universitas Ma Chung, Eco Green Park berjarak sekitar 18 KM dan bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau taksi.

    11. Museum Angkut

    12. Jika ingin mengetahui mengenai alat-alat transportasi sejak jaman dahulu hingga sekarang, Museum Angkut adalah tempat yang tepat. Siapkan kamera, karena tempat ini memiliki banyak titik menarik untuk mengabadikan foto. Harga tiket masuk berkisar Rp.50.000,- sampai dengan Rp.75.000,-. Keterangan lebih lanjut silakan klik disini

      Terletak di kota Batu, Museum Angkut berjarak sekitar 18 KM dari Universitas Ma Chung dan bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau taksi.

    13. Batu Night Spectacular

    14. Batu Night Spectacular atau BNS menawarkan pengalaman baru bermain – taman hiburan yang terdiri dari berbagai macam permainan dengan pemandangan menarik kota Malang dan Batu di waktu malam. Buka pada sore hingga malam hari, tiket masuknya berkisar antara Rp.20.000,- hingga Rp.30.000,-. Keterangan lebih lengkap silakan klik disini

      Terletak di kota Batu, BNS berjarak sekitar 17 KM dari Universitas Ma Chung dan bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau taksi.

    15. Taman Safari Prigen – 46km

    16. Konservasi fauna yang merupakan cabang kedua dari Taman Safari Indonesia ini terletak di kaki gunung Arjuna, dan berjarak sekitar 46 Km dari kampus Universitas Ma Chung. Disini, pengunjung dapat melihat berbagai macam satwa, serta menikmati berbagai wahana yang sudah disediakan, termasuk kolam renang dan wahana air. Tiket masuk antara Rp.70.000,- sampai Rp.160.000,-, tergantung jenis tiket dan waktu berkunjung. Informasi lebih lengkap silakan klik disini


    Bagi Para Pecinta Alam

    1. Kebun Teh Wonosari

    2. Perkebunan teh milik PTPN XII ini terletak di daerah Wonosari – Lawang, yang berjarak sekitar 25 Km dari Universitas Ma Chung ke arah kota Surabaya. Disini, pengunjung dapat menikmati udara segar dengan pemandangan hamparan perkebunan teh. Terdapat juga beberapa penginapan dan paket tur serta outbond yang disediakan oleh PTPN XII.

      Dari Universitas Ma Chung, Kebun Teh Wonosari dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau taksi, atau bisa juga dengan kendaraan umum (angkutan kota) jurusan AT (Arjosari-Tidar) menyambung angkutan kota hijau muda jurusan Arjosari-Lawang. Turun di stasiun KA Lawang, bisa melanjutkan dengan naik ojek.


    3. Pulau Sempu dan Segara Anakan

    4. Bagi para pecinta trekking, Pulau Sempu dan Segara Anakan merupakan tempat yang tepat untuk melewatkan waktu luang. Segara Anakan merupakan “danau” yang tersembunyi di dalam pulau Sempu. Untuk mencapai Segara Anakan, pengunjung harus sebelumnya menyeberang ke Pulau Sempu dari Pantai Sendang Biru yang terletak di 73 km selatan kota Malang. Biaya penyeberangan sekitar ke Pantai Semut di Pulau Sempu Rp.100.000,- per perahu. Dari sini, pengunjung harus melakukan trekking sekitar 2 jam untuk mencapai Segara Anakan.

      Karena Pulau Sempu merupakan kawasan cagar alam, maka pengunjung yang ingin melakukan trekking ke Segara Anakan haruslah mendapatkan ijin dari jagawana/petugas yang ada di Pantai Sendang Biru. Waktu terbaik untuk pergi kesana adalah saat musim kemarau agar jalur trekking tidak becek. Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk melakukan trekking karena perahu terakhir untuk kembali ke Pantai Sendang Biru beroperasi pada Pk.15.00 (atau sesuai perjanjian). Selain trekking satu hari, bisa juga dilakukan camping di Segara Anakan, tentu saja dengan ijin dari petugas kehutanan. Dari sini, pemandangan lepas ke Samudera Hindia juga siap menanti para pengunjung.

      Pantai Sendang Biru juga terkenal dengan area pelelangan ikannya. Ikan-ikan seperti Tuna, Tongkol, Cakalang, Cumi, serta Udang dijual segar dengan harga yang relative terjangkau.

      Dari Universitas Ma Chung, pantai Sendang Biru bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau taksi.

    5. Pantai-pantai di Malang Selatan

    6. Daerah Malang Selatan merupakan “rumah” bagi pantai-pantai dengan pemandangan yang menakjubkan. Namun demikian, pengunjung harus hati-hati ketika mengunjungi pantai-pantai ini, karena pantai-pantai yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia ini adalah pantai selatan yang terkenal dengan ombak besarnya. Sampai saat ini, ada 18 pantai di Malang Selatan yang aksesnya sudah terbuka, antara lain:

      • Pantai Balekambang yang berjarak sekitar 65 Km dari Universitas Ma Chung – diklaim sebagai “Tanah Lot Kedua”, karena adanya Pura di atas karang yang berada di pantai.

      • Pantai Goa Cina, berjarak 69 Km dari Universitas Ma Chung

      • Pantai Ngeliyep, berjarak 73 km dari Universitas Ma Chung

      • Pantai Lenggoksono, berjarak sekitar 82 km dari Unviersitas Ma Chung. Di pantai ini, pengunjung dapat menyaksikan keindahan air terjun (tawar) di bibir pantai.

      • Pantai Kondang Merak, berjarak 64 km dari Universitas Ma Chung


      Pengunjung tidak perlu khawatir, karena dari kota Malang, penunjuk jalan ke pantai-pantai ini cukup jelas. Pantai-pantai tersebut dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau taksi.


    7. Gunung Panderman

    8. Gunung yang tingginya 2.045 mdpl ini terletak di arah Kota Wisata Batu. Bagi mereka yang ingin “berlatih” untuk mendaki gunung yang lebih tinggi dengan medan yang lebih sulit, maka mendaki Gunung Panderman bisa menjadi pilihan. Bagi yang hendak mendaki ke gunung ini, papan petunjuk pendakian bisa ditemukan setelah melewati kawasan Jawa Timur Park 1 untuk menuju Puncak Basundara.

      Berjarak 20 km dari Universitas Ma Chung, untuk menuju Puncak Basundara diperlukan 2,5 jam pendakian dari pos perndakian pertama.

    9. Gunung Semeru

    10. Bagi para pecinta alam, Gunung Semeru adalah gunung yang wajib untuk didaki. Di puncak tertinggi di Jawa ini setiap tahunnya diadakan upacara bendera dalam rangka 17 Agustus. Dari kota Malang, pendaki harus terlebih dahulu menuju daerah pasar Tumpang yang terletak sekitar 50 Km dari Universitas Ma Chung. Dari Pasar Tumpang ini, para pendaki bisa menyewa jip ke daerah Ranu Pane. Dari sini, pendakian masih harus dilakukan 15 Km lagi untuk menuju puncak Mahameru. Untuk waktu pendakian, ijin mendaki, serta keterangan lebih lanjut silakan klik http://bromotenggersemeru.org/

    11. Gunung Bromo

    12. Gunung yang sangat indah ini merupakan tujuan wajib yang harus dikunjungi oleh para wisatawan yang baru pertama kali mengunjungi Jawa Timur. Terletak 60 km dari Kota Malang, Gunung Bromo merupakan salah satu gunung dalam kompleks Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru. Para pengunjung harus menggunakan kendaraan khusus dengan penggerak 4 roda yang disewakan disana. Tiket masuk ke kawasan Gunung Bromo berkisar antara Rp.27.500 hingga Rp.317.000 tergantung hari kunjungan dan status kewarganegaraan.





















NEWS
KAMPANYEKAN TOLERANSI, MA CHUNG GELAR OBOR
26 JUL 2017

Universitas Ma Chung kembali menggelar OBOR 2 (Orientation Based on Reflections). Menempatkan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan sehari-hari komunitas berbeda keyakinan (live-in), OBOR 2 diadak...

CONTRIBUTION TO SOCIETY, LEGACY FOR THE FUTURE
29 MAY 2017

Sudah 10 tahun Universitas Ma Chung hadir di Indonesia, memberikan kontribusi kepada perkembangan kehidupan Indonesia dengan mencetak pemimpin-pemimpin dalam dunia bisnis dan profesional. 7-8 Juli...

PENGUMUMAN BEASISWA PENDIDIKAN PERIODE 2
2 MAY 2017

Selamat menjadi bagian dari Universitas Ma Chung!

Kami mengucapkan selamat kepada para peraih Beasiswa Universitas Ma Chung periode 2:
1. Atika Sugi Nurmalitasari (SMAN 1 Jem...

KOMPETISI DESAIN DAN LOGO 10 TAHUN UNIVERSITAS MA CHUNG
31 MAR 2017

Sesuai dengan penilaian yang dilakukan oleh empat Juri yaitu:
1. Dr. Joshie K. Halim, M.Arch
2. Megumi Halim, S.T., B.A
3. Sultan Arief Rahmadianto, M.Ds
4. Ronny Andre...