Universitas Ma Chung | Building A Brighter Tomorrow
Mencapai Universitas Ma Chung


Terletak di Kota Malang, Jawa Timur, Universitas Ma Chung dapat diakses dengan beberapa cara.



  • Transportasi Udara

    Kota Malang dapat dicapai dengan pesawat terbang yang dilayani oleh beberapa maskapai penerbangan, dengan pilihan bandara:


    • Bandara Internasional Juanda Surabaya
      Semua maskapai penerbangan di Indonesia melayani rute pulang pergi dari Surabaya ke berbagai kota di Indonesia dan luar negeri seperti Jakarta, Yogyakarta, Solo, Semarang, Denpasar, Manado, Palu, Kendari, Makassar, Denpasar, Mataram, Kupang, Ambon, Medan, dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

      Untuk mencapai bandara ini, ada angkutan khusus dari terminal bus Purabaya (Bungurasih) Surabaya dengan menggunakan Bus DAMRI yang berangkat tiap 1 jam dengan tarif Rp.20.000-30.000,- sekali jalan.

      Bandara Juanda Surabaya terletak sekitar 90 KM dari kota Malang dengan waktu tempuh sekitar 1,5 – 4 jam tergantung kondisi keramaian lalu lintas. Di Juanda sendiri banyak perusahaan travel yang siaga untuk mengantarkan penumpang ke Malang, demikian pula sebaliknya. Adapun beberapa travel yang melayani rute ke Malang dengan biaya Rp.75.000 – 150.000,- (tergantung kelas) misalnya Travel Silver, MJ, Putra Jaya, First Class, Surya, Tirta Jaya, dan lain-lain.


    • Bandara Abdurrahman Saleh Malang
      Malang memiliki bandara lokal yang melayani rute Jakarta – Malang p.p., Denpasar – Malang p.p., Balikpapan Malang p.p dengan beberapa maskapai yaitu Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya, dan Wings Air.

      Bandara ini terletak 20 KM dari kampus Universitas Ma Chung dengan waktu tempuh sekitar 45 menit tergantung kondisi kepadatan lalu lintas. Bandara ini paling mudah dijangkau dengan taksi, dengan biaya Rp.100.000,-





  • Transportasi Darat


    • Bis Kampus
      Bagi seluruh civitas akademika disediakan fasilitas bis kampus dengan rute Jl. Ijen (landmark Kota Malang) – Universitas Ma Chung melewati Jl. Retawu – Jl. Bondowoso – Jl. Tidar – Jl. Puncak Mandala – Villa Puncak Tidar, 2 kali perjalan pulang-pergi dalam satu hari.

    • Bis Umum
      Terminal bus kota Malang yaitu Terminal Arjosari yang aktif 24 jam (untuk tujuan kota-kota tertentu). Tujuan yang dilayani antara lain Surabaya, Blitar, Denpasar, Probolinggo, Jember, Pasuruan, Situbondo, Bondowoso, dan lain-lain, baik menggunakan bus biasa, bus AC tarif biasa, bus patas, dan bus eksekutif.

    • Kereta Api
      Stasiun Malang Kota Baru merupakan stasiun kereta api utama di kota Malang. Dari stasiun ini, kereta api dari dan ke kota-kota besar di Jawa seperti Surabaya, Blitar, Pasuruan, Jember, Yogyakarta, Solo, dan Jakarta datang dan diberangkatkan, baik dengan kereta api ekonomi, bisnis, maupun eksekutif.

      Dari stasiun Malang Kota Baru, untuk menuju Universitas Ma Chung bisa menggunakan taksi dengan argo.

    • Angkutan Umum
      Universitas Ma Chung terletak di dalam lingkungan perumahan Villa Puncak Tidar, dimana angkutan umum yang bisa sampai ke depan kampus adalah taksi dan ojek. Dari terminal bus atau stasiun kereta api, untuk menuju Universitas Ma Chung bisa dengan angkutan umum jalur AT (Arjosari – Tidar), dan dari pangkalan AT Tidar, Universitas Ma Chung bisa dicapai dengan ojek atau berjalan kaki (sekitar 1-2 KM).

    • Taksi
      Ada beberapa operator taksi yang melayani rute di kota Malang, seperti Taksi Citra, Argo, Bima, dan Mandala. Taksi bisa dipanggil melalui telpon dengan tarif minimal Rp.30.000,-.


  • Transportasi Laut

    Pelabuhan yang paling dekat dengan kota Malang adalah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Pelabuhan tersibuk kedua setelah Tanjung Priok ini memang sebagian besar dipakai untuk terminal peti kemas; namun demikian, pelabuhan ini juga melayani kapal ferry penumpang jurusan Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Makasar (Sulawesi Selatan), dan Madura (Jawa TImur).





Kota Malang merupakan kota pelajar dengan biaya hidup yang terjangkau. Rata-rata biaya konsumsi antara Rp. 3.000,- hingga Rp. 10.000,- sekali makan tergantung dari menu yang ditawarkan. Banyaknya kampus di kota Malang mendorong lengkapnya sarana bagi pelajar. Perpustakaan umum yang lengkap dan bersih, banyaknya toko buku dan toko-toko penunjang pembelajaran lainnya sangat membantu mahasiswa untuk mendapatkan keperluan belajarnya.

NEWS
SINGO BUDOYO DAN BARONGSAI BERPADU DALAM FESTIVAL KAMPUNG PECINAN 2016
10 APR 2016

Kesenian tradisional asal negeri Tirai Bambu yang dibawakan oleh Komunitas Eng An Kiong berpadu apik dengan kesenian tradisional khas Kampung Cempluk Malang, Singo Budoyo pada Minggu, 10 April 201...

KEJAR PENGALAMAN BELAJAR, MAHASISWA KANADA DATANG KE UNIVERSITAS MA CHUNG
30 MAR 2016

Universitas Ma Chung kembali menjadi pilihan mahasiswa asing yang ingin mendapatkan referensi tentang perekonomian Indonesia dalam penelitian. Seorang mahasiswa magister dalam bidang International...

JAGA KUALITAS DENGAN REAKREDITASI PROGRAM STUDI
22 MAR 2016

Dalam komitmennya menjaga kualitas pembelajaran, pada 19 – 21 Maret yang lalu sebanyak tiga program studi di Universitas Ma Chung yaitu Sastra Inggris, Teknik Informatika, dan Manajemen mendapat...

MENGEJAR (GERHANA) MATAHARI
9 MAR 2016

Guna memberikan sosialisasi mengenai cara pengamatan gerhana matahari total yang aman, serta untuk memperkenalkan Universitas Ma Chung ke masyarakat Palu, maka pada 3-10 Maret 2016 yang lalu tim d...