Universitas Ma Chung | Building A Brighter Tomorrow
SEJARAH
Ma Chung merupakan sebuah sekolah bersejarah di kota Malang - Jawa Timur, yang telah meluluskan alumni-alumni terbaiknya sejak era tahun 1950an. Sekolah ini telah mewariskan standar pendidikan dan pembangunan nilai-nilai moral yang konsisten terhadap lulusannya. Bekas gedung sekolah Ma Chung masih dapat disaksikan oleh gnerasi masa kini meski saat ini digunakan oleh institusi lain. Satu hal yang tidak akan lekang oleh jaman: Spirit Alumni Ma Chung.

Tersebar di hampir seluruh penjuru dunia, para alumni ini telah menorehkan sejarah, baik sebagai ilmuwan di universitas-universitas ternama di dunia maupun sebagai wirausahawan Indonesia yang sukses dan bahkan berkiprah di dunia bisnis internasional.

Ide pendirian Universitas Ma Chung dicetuskan pada saat pelaksanaan Reuni Akbar peringatan hari ulang tahun ke-55 sekolah Ma Chung pada September 2001 di kota Xiamen, China, yang dilandasi oleh warisan semangat Ma Chung yang berintikan: rukun, bersatu, mengabdi kepada masyarakat, serta mewujudkan dedikasi kepada dunia pendidikan Indonesia.

Dengan dipegang teguhnya semboyan "Waktu minum air jangan lupa sumbernya, waktu sukses balaslah budi kepada kampung halamannya", serta komitmen alumni Ma Chung di seluruh dunia, maka pada 1 Mei 2004 didirikanlah PT. Ma Chung sebagai langkah awal berdirinya Universitas Ma Chung, dipelopori oleh Soegeng Hendarto, Mochtar Riady, Teguh Kinarto, Hendro Sunjoto, Koentjoro Loekito, Effendy Sudargo, Agus Chandra, Hadi Widjojo, Nuryati Tanuwidjaya, Nehemja, Alex Lesmana Samudra, Evelyn Adam, Hadi Surjono, Nagawidjaja Winoto, dan Soebroto Wirotomo, nama-nama yang sudah terkenal sebagai pebisnis berskala internasional.

Secara aklamasi dan dengan pernyataan kebulatan tekad alumni dari seluruh dunia, dalam Reuni Akbar peringatan Ulang Tahun ke-60 SMA Ma Chung di Malang, 17 Juli 2005 diletakkan batu pertama pembangunan Universitas Ma Chung. Dalam rangka memperlancar jalannya pengelolaan universitas dalam jangka panjang maka dibentuklah Yayasan Harapan Bangsa Sejahtera yang menaungi Universitas Ma Chung.

Alumni senior yaitu Prof. Dr. Yang Zhiling dan Prof. Dr. Bin Ling memberikan banyak usulan sehubungan dengan pembangunan dan pengelolaan universitas. Usulan beliau tersebut kemudian dijadikan pijakan pertama bagi perencanaan (blue print) oleh para pimpinan PT. Ma Chung dan Yayasan Harapan Bangsa Sejahtera.

Dihadiri oleh ribuan alumni, pada tanggal 7 Juli 2007, Universitas Ma Chung secara resmi dibuka.

history
NEWS
NEW INTERN AT MA CHUNG UNIVERSITY
25 FEB 2014

My name is Philippe and I’m from Canada. I am a new intern here at Ma Chung University, working with MarComm (marketing & communication department), and will also work with the HR department. My...

MEMBANGUN BANGSA DENGAN RISET PIGMEN
17 FEB 2014

Dengan semangat untuk mendapatkan pengarahan langsung dari Menteri Negara Riset dan Teknologi, Universitas Ma Chung dengan bangga menerima kunjungan Prof. Dr. Ir. Gusti Muhammad Hatta, M.S. pada S...

MELIHAT PERSPEKTIF LAIN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS
22 JAN 2014

Universitas Ma Chung khususnya Program Studi Sastra Inggris kembali mendapatkan kunjungan istimewa. Pada Senin, 20 Januari 2014 yang lalu, sebanyak 15 orang mahasiswa, dosen, dan pimpinan Messiah ...

DOSEN WAJIB MENELITI DAN MENGABDI PADA MASYARAKAT
22 JAN 2014

Para dosen Universitas Ma Chung kembali diingatkan akan pentingnya melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat selain mengajar dalam kegiatan Research Week yang diadakan pada 20-21 Januari 2014...